Kenapa Harus Kuliah di Ilmu Komunikasi?

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tidak hanya untuk urusan mencerdaskan bangsa dalam tataran kognisi alias pemberdayaan logika saja. Lebih dari itu, pendidikan diharapkan mampu menyeimbangkan kualitas diri seseorang dalam pemberdayaan afeksi yang juga sama pentingnya. Di Indonesia, terdapat begitu banyak pilihan jurusan yang tersebar di sekian banyak universitas baik negeri maupun swasta. Di antara sekian banyak jurusan yang ditawarkan itu, jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang begitu banyak peminatnya.

Buat kamu yang masih bingung menentukan pilihan kuliah, ilmu komunikasi bisa kamu jadikan alternatif pilihan yang cukup menjanjikan, lho! Apa saja alasan untuk memilih jurusan ini sebagai bidang peminatanmu? Langsung aja, ya, check it out!

1. Mata Kuliahnya Seru Banget

Belajar ilmu komunikasi itu tidak hanya sekedar belajar bicara. Ada banyak hal lain yang kita pelajari di sana. Mulai dari dasar-dasar komunikasi yang mencakup komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan organisasi, public realtions, hingga hal-hal teknis seperti movie productions, manajamen konflik, strategi branding, pemasaran dan periklanan, produksi berita, teknik menulis dan teknik public speaking, broadcasting, dan masih banyak lagi.

2. Banyak Peluang Kerja

Bagi mereka yang sudah terjun ke dunia ilmu komunikasi tentu paham betul dengan peluang kerja yang banyak ditawarkan untuk bidang ilmu satu ini. Mulai dari tim kerja di stasiun televisi, jurnalistik media, perusahaan nasional dan asing, hingga ke lembaga-lembaga pemerintahan. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang masih berstatus mahasiswa sudah mulai terjun ke lapangan kerja.

3. Terbuka Lebar Kesempatan Wirausaha

Nah, ini dia nih, yang beberapa tahun terakhir ini begitu banyak digaungkan. Enterpreneurship alias dunia wirausaha. Hal yang sering dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia antara lain adalah sedikitnya jumlah lapangan kerja sehingga banyak masyarakat yang menjadi pengangguran. Tapi bagi mereka lulusan ilmu komunikasi, kesempatan untuk membuka usaha sendiri begitu jelas di depan mata. Mulai dari visual desainer, konsultan politik, konsultan pemasaran, pegiat literasi, penulis, pegiat public speaking, content analyst dan masih banyak lagi kesempatan usaha lainnya yang dapat dilakoni lulusan ilmu komunikasi.

4. Dosennya Asyik dan Ketje

Banyak pelajar dan mahasiswa yang sering mengeluhkan pola belajar dari guru atau dosen mereka. Tapi di bidang ilmu komunikasi, hampir semua dosennya itu seru, kece, up to date, kekinian dan smart. Gaya belajar yang dikemas juga menyenangkan. Hal-hal teoritis yang dikemas dengan menarik serta diimbangi dengan cara berpikir yang selalu muda dan terbarukan. Seru, kan?

Jadi, buat kamu yang masih galau untuk menentukan pilihan jurusan kuliahmu nanti, semoga sudah mulai tercerahkan, ya. Gapai terus mimpimu dan raihlah tujuanmu. Sukses selalu, guys!

Tinggalkan komentar